Tuesday 9 November 2010

Obama Tingkatkan Ekspansi ke Indonesia

Obama Tingkatkan Ekspansi ke Indonesia - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama berkomitmen untuk tingkatkan ekspansi ke Indonesia. Obama akan menaikkan nilai ekspor AS dan Indonesia hingga dua kali lipat. Hal ini dilakukan dalam rangka memajukan ekonomi kedua negara.

"AS ingin melakukan ekspansi ekspor dan akan meningkat nilai perdagangan hingga dua kali lipat dan akan membawa kemakmuran bagi kedua negara, karena Indonesia merupakan negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara," tutur Obama, di Istana Presiden, Jakarta, Selasa (9/11/2010).

Untuk itu, lanjut Obama, kedua negara harus meningkatkan investasi dan juga lebih meningkatkan hubungan perdagangan dua negata. "Tidak hanya dengan Indonesia, tapi juga dengan China dan negara ASEAN lainnya, yang akan dibahas dalam ASEAN summit nantinya," imbuhnya.

Selain itu, menjelang pertemuan negara produsen minyak yang tergabung dalam OPEC dan perkumpulan negara-negara maju dan berkembang yang tergabung dalam G20. "Menjelang pertemuan OPEC dan G20, saya dan Presiden SBY saling mendiskusikan pemulihan ekonomi global, saya berharap lapangan kerja tetap tumbuh," tukas dia.

Komitmen Indonesia dan Amerika ini, disampaikan usai melakukan pertemuan bilateral dalam konferensi press bersama. Dalam pertemuan tersebut, SBY dan Obama membahas sejumlah isu penting, antara lain terkait pemulihan ekonomi global.

No comments:

Post a Comment